Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu dari 6 Kompetensi keahlian yang ada dan menjadi jurusan yang diminati peserta didik. Pada kompetensi keahlian ini, peserta didik dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
Tujuan Umum
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengoperasikan peralatan kantor & tehnologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan, kepegawaian dan sarana prasarana sehingga segala aspek administrasi dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
- Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
- Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.
- Memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap professional dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola PerkantoraN.
- Mempu memilih karier, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran
- Menjadi tenga kerja tingat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bisnis dan Manajemen, khususnya Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran
- Menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.
Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran / materi yang diajarkan adalah sebagai berikut:
- Pengantar Ekonomi Bisnis
- Pengantar Administrasi Perkantoran
- Pengantar Akuntansi
- Otomatisasi Perkantoran
- Korespondensi
- Kearsipan
- Simulasi Digital
- Administrasi Kepegawaian
- Administrasi Keuangan
- Administrasi Sarana Prasarana
- Administrasi Humas dan Keprotokolan
Kompetensi Lulusan Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
Kompetensi Lulusan Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut :
- Pengetikan naskah atau dokumen
- Penanganan telepon
- Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
- Penataan dan pengelolaan arsip
- Penanganan perjalanan bisnis
- Penanganan dana kas kecil
- Penyiapan pertemuan atau rapat
- Penanganan aplikasi
- Penanganan informasi melalui internet
Prospek Kerja
Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran antara lain:
- Sekretaris Junior
- Petugas Administrasi
- Petugas Kearsipan
- Petugas Perpustakaan
- Resepsionis
- Operator Telepon
- Juru Ketik
- Wirausaha Mandiri